Perjalanan hidup saya dari Pulau Jawa ke pulau Sumatera, tak mengubah minat saya terhadap Silat sebagai olahraga yang menyenangkan. Bukan pendekar, namun setidaknya dengan silat dapat lebih memaksimalkan vitalitas dan kesehatan. Apalagi silat dalam kajian saya merupakan warisan nenek moyang yang sebenarnya didalamnya mengandung norma- norma luhur atau pendidikan budi pekerti Luhur.

Tahun 1991, dari Jawa Timur sampailah saya di Sumatera, tepatnya di Belitang- OKU. Dan disinilah saya mulai mendengar tentang Silat Tradisional Kuntau, selintas saya teringat dengan Kuntao nya Barongsai.. mungkin ada keterkaitan riwayat, tapi saya belum menelusurinya..

Silat Kuntau saya pahami sebagai silat tradisional yang diklaim masyarakat wilayah Lampung, Palembang, Ogan, Semendo dan Komering dan sekitarnya sebagai silat asli mereka..

Silat sebagai salah satu minat saya, maka informasi silat Kuntau pun segera saya cari, namun kecewa.. Beberapa informasi dari kawan- kawan tak lebih dari seperti ini: Kakek saya.. paman.. ayah.. yang tahu pasti tentang Kuntau, dulu mereka latihan di hutan pada malam hari.. saya belum tahu.. saya belum di kasih.. itu nggak sembarangan, hanya diturunkan kepada keturunan yang dipilih..

Dan narasumber informasi yang kutanya, cucu sang pendekar Kuntau adalah justru anggota silat beladiri modern, karate dan sejenisnya.. dan mengatakan tidak berminat untuk meneruskan ajaran kakeknya.. dengan alasan ribet atau tidak diajarkan! 😐

Sampai pada tahun 2001 saya baru kesampaian melihat gerak silat Kuntau, seorang pemuda dari Komering tidak keberatan menunjukkan kebolehan mengatraksikan jurus- jurus dan tehnik beladiri Kuntau, sangat ringkas dan praktis! Terdapat 12 jurus/ tehnik yang digabungkan dalam satu pencak yang disebut sebagai tari!

Lantas? Ingin tahu lebih lanjut? Baca ini: Selamatkan Silat Kuntau dari Kepunahan!

Ken Kerta Avatar

Published by

150 tanggapan untuk “Fenomena Silat Kuntau”

  1. kawanlama95 Avatar

    aku tau kuntau dulu dari sandiwara radio dan dari etnis cina dan sepertinya tidak terlihat saat ini. padahal ini warisan sejarah,maka kita wajib melestarikannya

  2. mas tyas Avatar

    sepertinya silat kuntau sumatera memang terkait dengan budaya etnik cina. dan semakin langka saya temukan karena pola latihannya yang tak terorganisir. trims, salam sahabat dan damai selalu..

    1.  Avatar
      Anonim

      iya mas tyas.. tpi disini dit4 saya msh tetap dwriska wlwpun hny dgn org2 trtntu, pola ltihannya pun pd mlm hari n t4 yg trtutup.

    2.  Avatar
      Anonim

      menurut saya kuntau itu dapat dipelajari siapa saja yang memiliki keinginan untuk berlatih , bukan hanya kepada keturunan saja tetapi orang luar daerahpun juga bisa memiliki. tetapi selama ini keinginan untuk berlatih itu masih kurang serius.

    3. elpawi Avatar
      elpawi

      saaangat sependapat..

  3. ILYAS AFSOH Avatar
    ILYAS AFSOH

    kapan-kapan boleh adu tanding

    salam persilatan

    1. Najalil fatih Avatar
      Najalil fatih

      Ayo adu jurus sama aku…

    2. Ugan Niann Avatar

      bekuntau seperahu dgn aku jge boleh,,aku di ajarkan tehnik kuntau dgn 2 pisau cap garpu kte berkelahi satu sarung satu perahu….slm dr bandung turunan kedaton baturaje !

  4. ikiakukok Avatar

    mampir untuk belajar kuntau…
    dibikin perguruannya aja mas. biar berkembang lagi.

    salam,

    1. Said St-Setia Avatar

      mas, d.mna ada latihan kuntau d.bjm…
      aku mau ikuttt

  5. aancahpati Avatar

    Halo mas tyas pa kabar ? maaf ya aq bru mampir, mklum lg sibuk, n ngenet di sini mahal.

  6. Nanang Avatar

    Salam kenal mas tyas

    salam kenal kembali mas..

  7. budi Avatar
    budi

    Assalamu’alaikum

    Dulu ketika saya kecil, pamanpaman dan ayah saya sering melakukan latihan silat kuntau ini, karena kami berasal dari semende dan salah satu budaya yang menjadi tradisi warisan kuntau ini. Bahkan dipadukan dengan berbagai senjata, dan yang masih saya ingat adalah dengan menggunakan pedang kembar. Sayangnya saya terpisah dari keluarga besar dan terdampar dipulau jawa, dan sama sekali tidak tahu lagi dimana keluarga berada juga kesenian kuntau. Semoga ada saudara2 yang mau melestarikannya agar tidak punah..
    Wasalam

    1.  Avatar
      Anonim

      moga aja ada yg melestarikanya aq sangat suka beladiri ,,kuntau rapat kebal nunggu hheheheehhe
      pengen nya shi gtw,aq dri tanhung raja 14 thun da blajar merantau,,
      skrng aq pulang buat balas dendam

  8.  Avatar
    Anonim

    assalamu’alaikum.
    salam buat smua.
    saya ttarik dgn pnyataan sodara dari aceh diatas,tentang kunto. saya dulu pernah sebentar/sedikit mempelajari beladiri kunto itu dan itu jg di aceh. kunto bukanlah silat spengetahuan saya,itu adalah salah satu aliran dari kungfu yg bnyak sekte,sperti shoelin,wint,taichi,pae-chi,khungtong dll.
    khuntong inilah yg dikenalkan oleh seseorg pndkar cina yg bnma khong toe. yg jg idup pada masa wong fei hung yg notabene seorang pendekar dan tabib muslim dr cina yg menguasai smua aliran kungfu yg lbih dr 15 aliran itu.
    bnyk pdagang cina yg muslim yg dtag keaceh dulu krn hubungan kerjasama antara cina dan krjaan aceh. dr sinilah aliran kunto/khuntong asuk dpelajari org2 aceh,mknya di indo kuntopun hnya dkenal org2 aceh .
    maap mgkin kurang lengkap,tolong dmaklumi.
    saya mau menanyakan sm tmn2 yg dr aceh:apakah saat ini marih ada tempat2 tuk belajar kunto diaceh?,mengingat ini bela diri yg jrg dan sy hanya pernah mendapati ini di aceh/ aceh rayek sj. mohon di infokan tempatnya bg yg pny info,krn sy ttarik untk kmbli mlnjutkan belajar kunto ini tuk olah raga.

    1. Uma Na Avatar

      Di semua daerah d aceh ada
      kalau anda hendak mengunjungi d daerah sigli tepat a d kota arah kembang tanjung 2 km dr kota

  9. mas tyas Avatar

    thanks infonya bung.. [namanya siapa ya..] sebenarnya hal diatas tidak termasuk sebagai sebuah pernyataan, melainkan berbagi cerita saja dan bentuk kepedulian saya sebagai pecinta budaya.

    Ringkasnya dari Pulau Jawa ke Sumatera saya bertemu dengan orang- orang yang mengaku sebagai pesilat Kuntao. Dan bukan hanya di Aceh saja, kalo kita nyebrang ke Malaysia pun akan kedapatan pula silat kuntau.

    Penuturan anda mengenai silat kuntau yang disebarkan oleh pendekar cina bisa saja mengandung kebenaran sebab para pemain seni baronsaipun menggunakan seni beladiri kuntao’

  10. fajri Avatar
    fajri

    assalamualaikum dari aceh….
    setau saya silek kuntau itu asal muasal semua jenis bela diri yg masih utuh…belum dipisah pisahkan seperti sekarang di antaranya sprti karate,kempo,kunfu,cimande,tarimalaya,taie,dll. kuntau itu asal dari semua jenis bela diri yg sangat mematikan,saya tau dikit2 karena saya sempat belajar wktu di dayah/pasantren murni ya gx lama sih kira-kira 3tahun lebih…dari situ saya tau bahwa kuntau bukan untuk berlaga di ring,karena gerakan gerakan kuntau semua mematikan lawan,bukan menjatuhkan lawan.
    dan di bawa ke asia oleh ulama besar/aulia dari timur tengah….
    dan kekuatan dahsyatnya kuntau itu sempurna bila bisa mengendalikan nafsu,amarah,serta beribadah dgan rajin….
    FB/YM:pykafajri@yahoo.co.id

  11. fajri di tanoh rencong Avatar
    fajri di tanoh rencong

    assalamualaikum semua..
    oa…anonymous pernah belajr uga d aceh rayeok/aceh besar…tntang kunto….
    setau saya di aceh rayeok hampir semua pelosok di ajarin silat kunto tpi udh brcampur2 skrg,wlpn saya bkn asli aceh rayeok(asli saya aceh utara n bljar kunto dikit2 di daerah aceh utara tersebut),tpi saya tau dikit2 krn saya udh 2 thun lebih tngl di aceh rayeok untk melanjutkan pendidikan S1 d Usk
    tapi klo daerah aceh utara,aceh timu,aceh barat dan aceh pidie pada umumnya di ajarin pada pasantren/dayah2 murni…dan tertutup..
    klo mau belajr kunto di aceh cobalah kepasantren/dayah2(ingat dayah2 murni) terpelosok d aceh,tpi jgn minta d ajarin,krn smua pasti akn bilang tidak ada yg bisa lagi silat kuno tersebut…
    tpi ngaimana caranya, anda harus menjadi santri d dayah2 tersebut dan anda akn d ajarin bila waktunya sudah tiba alias anda udh paham tentang seluk beluk agama di antaranya apa itu ilmu tauhid,ilmu manteek,ilmu tasawuf dan sebagainya…

    wassalam dari tanoh rencong

    pykafajri@yahoo.co.id

  12. yuda Avatar
    yuda

    waktu aku smp…di kampungku ada ortu teman ku yang ahli kuntau…!aku sering liat pertunjukannya yang di kemas seperti acara tarian…!namun sekarang tidak terlacak lagi keberadaanya…!(mungkin karena nyarinya cuma sambil lalu saja)…..marabahan..kota kecil di kalimantan selatan

  13. M.r4m4dh4ni Avatar

    Salam kutau. . . . Saya dari kalimatan telah banyak tau tentang kuntau. . . . Pegen tau lebih jelas datang aja ke banjarmasin

  14. Kertaning Tyas Avatar

    Boleh juga ke Banjarmasin tapi masih berat di ongkos, :mrgreen: Bagi cerita dong tentang silat kuntau. Boleh sharing di kolom komentar ini. Gimana menurut anda asal usul dan perkembangan silat Kuntau di Indonesia? Salam kuntau.

  15. brotherM4 Avatar

    Salam kenal mas Tyas. Benar kata teman-teman semua, Kuntau secara gerakan memang tidak sama dengan pencak silat, namun lebih mirip kepada beladiri cina. Menurut cerita tetua guru, kuntau masuk ke kalimantan datangnya dari sumatera, dimana orang sumatera berguru kepada orang cina. Di daerah kalimantan pun juga bisa ditemukan kuntau. Namun berbeda dengan cerita mas Tyas, disini perguruan kuntau banyak ditemukan di daerah hulu sungai / pahuluan dan daerah banua 6. dan boleh diajarkan kepada siapa saja yang tertarik, tanpa perlu mengenal keturunan tertentu.
    O iya, kuntau banjar juga dapat di temukan di daerah brunei dan malaysia. dimana asal usulnya dibawa oleh perantauan dari kalimantan.

    1. Kertaning Tyas Avatar

      BroterM4, makasih infonya. Saat ini saya sedang bertahap mengumpulkan pesilat- pesilat kuntaw di kabupaten Ogan Ilir- Sumatera Selatan. Namun Waktu dan tenaga masih terbatas utk kegiatan- kegiatan sosial di tempat tsb. Sambil bertahap bangkitkan kesadaran masyarakat setempat akan keagungan budaya leluhur. Bersaing dgn modernisasi..

      1.  Avatar
        Anonim

        sya dulu waktu SMP prnah blajr kuntao sama Bapk sya.yg sya tau silat kuntao kombinasi silat daera palembang dgn sni beladiri cina…slm tanggam tarung dri ank sungai keruh MUBA

  16. Kertaning Tyas Avatar

    Boleh.., sambil ngopi ya.. :mrgreen:

  17. Harry lukman Avatar
    Harry lukman

    masih banyak Silat kuntau di pertunjukkan di Kalimantan selatan…
    Biasa na di adakan di acara Resepsi perkawinan…

    1. Kertaning Tyas Avatar

      Mantab, wajib kita lestarikan!

      1.  Avatar
        Anonim

        di daerah saya baturaja masih banyak orang yang belajar kuntau ,dr kuntau melayu ,kuntau cina, kuntau padang ,maupun kuntau palembang ada disumatra selatan

  18. Yudhy Avatar

    Saya juga pernah belajar kuntao dari seorang guru silat yang tinggal di daerah Indramayu.
    Jurusnya terdiri atas jurus tangan kosong dan jurus senjata.

    1. Kertaning Tyas Avatar

      Silat satu dan yg lainnya kadang saling mempengaruhi secara otomatis, seperti halnya akulturasi budaya. Kunto Indramayu plus unsur cimande kali mantab ya.. 🙂

  19. fery Avatar
    fery

    Di tempat asal.singkawang,msih banyak yang menguasai beladiri kuntao asli tiongkok aliran nggo miey phai…

  20. fery Avatar
    fery

    Di tempat asal saya.singkawang,msih banyak yang menguasai beladiri kuntao asli tiongkok aliran nggo miey phai…

    1. Kertaning Tyas Avatar

      Bagus, dorong saja utk upaya pelestariannya. Mantab. 🙂

  21. marsyahrudin Avatar

    alhamdulillah di baturaja ilmu kuntau masih ada n skrang ms ada yg memplajari nya

    1. Kertaning Tyas Avatar

      Sip.. dorong terus budaya bangsa… Salam silat kuntau!!

      1. rozi Avatar
        rozi

        di daerah kmi jga ada silat kuntau harimau

      2. Kertaning Tyas Avatar

        Selain kuntau harimau ada kuntau apalagi?

  22. marsyahrudin Avatar

    kpd pemerintah oku coba lah di lihat n di lestarikan budaya kita ini jgn smpai budaya ini tinggal crita

  23. Romance Avatar
    Romance

    Saya orang kandangan kec. hulu sungai selatan kalimantan selatan, saya dari perguruan kuntau jasa datu kandangan. Salam kenal

    1. Kertaning Tyas Avatar

      Romance.. salam kenal juga. salam silat …!

  24. Umar Avatar
    Umar

    Mas tyas ada gak, tmpat belajar silat/kuntao dekat dgan daerah kami, saya tinggal didesa limbang jaya kecamatan tanjung batu ogan ilir,

  25. pedang malaikat Avatar

    sattaqun
    qurattaqun
    dahiballah
    haq kata Allah
    haq kata Muhammad
    berkat kalimat lailahaillallah

    1. anak semende di lampung Avatar
      anak semende di lampung

      hati…..2 tentang penjabaran dan pengertiannya tkut salah arti dan cara mengaplikasikanya bagi yg tidak paham dlm membacanya dlm kuntau. trims slm kenal salam sekuntau.

      1. Kertaning Tyas Avatar

        Hati- hati nggak sembarang cek!

  26. faisal Avatar
    faisal

    dikampungku masih banyak perguruan kuntao, dan yang paling terkenal adalah kuntao kelam dmna.., sparing partnernya harimau jadi-jadian, aku dari lintang 4 lawang sumsel

  27. ali Avatar

    oy, jemo kito… aku dulu masih kecil ditebing-tinggi empat lawang sumsel.masih ada yang berlatih kuntau dihutan. ujian kelulusannya ada yang ditusuk dengan pisau, ada juga yang berkelahi dengan harimau jadi-jadian

  28. pandji Avatar
    pandji

    klo setau saya kuntau itu beljarnya d hutan d deket gunung pesagi .

  29. Ray Nufa Al Shahab Avatar

    klo belajar di gunung pesagi itumah harus udah mahir ceh,.
    Lawanya bukan orang lgi setue,……!!!!!

    1. Ugan Niann Avatar

      setue ?? hahahha…….. setue dek nampak ye wak
      hahhahha

  30. pandji Avatar
    pandji

    oi kabah belajar tu ngak guru pule , men dewek.an ngantar nyawo namenya 😀

  31.  Avatar
    Anonim

    aku jeme semende asli cucung puyang serunting sakti me dak belajau kuntau . datang kebadahku saje.
    pisau due, cabang , tembung ade,.

    batu bedil ilir

    1. Ugan Niann Avatar

      naahhh se guru rupenye puyang dihi mang,,,dlu ba’ ku ngajahi makai cap gerpu due…..trus tehnik jurus belage dalam sekain uji nye mun di duson dulu msh makai jurus seperahu hang due……….ku hase dihi maseh seriwayat guru…. salam aku jeme baturaje cman minahi lah di bandung timur

  32. rezki setiawan Avatar
    rezki setiawan

    kite lestarikah budaye jeme semende

  33.  Avatar
    Anonim

    dikota mana yempat latihan kuntau yg dkt..

  34. Rezki setiawan Avatar
    Rezki setiawan

    Silat kuntau asli budaye jeme semende, jadi jangah ngakuk2 suku ye lain, asli kuntau jak di suku semende, dikembangkah oleh puyang serunting sakti,…

    Slam knal jak cucung puyang serunting ,……

  35. Jomut iskandar Avatar

    Jikalau kalian mau belajar silat kuntau ala sumsel pergia ja ke daerah….MUBA,SEKYU,DESA LUMPATAN…itu dsana masih bnyak2 guru2 yg bisa mengajarkan….itu tadi silatnya memang tersembunyi….latihanpun di tengah malam…..

  36. paslan amir Avatar

    salam kenal,tidak bermaksud utk pamer,tp saya menguasai kuntau minang(silek minang)dan cakar elang…pada dasarnya kuntau di semende adalh datangnya dri luar,tidak ada satupun jenis kuntau asli semende……sesekali bolehlah kita bertukar pengalaman dibidang kuntau…p

  37.  Avatar
    Anonim

    Salam kuntau.,
    saya asli sum sel. kalaw asal bladiri kuntau saya kurang tau, tp yg jelas langka2 kuntau itu sangat ganas dn dahsyat jk kta sudah mendalaminya, jd tdk sembarang orang yg bisa d ajarkn beladiri ini, bila ada yg suda mendalami BL-K ini, maka ia brsipat padi semakin brisi smakin merunduk, krna BL-K ini sangat dkt dgn ajaran ISLAM, kalw dia brsifat takabur maka dia bukan pemegang asli beladiri Kuntau.

  38. ranau Avatar
    ranau

    kalau mau cari guru, ada pendekar kuntaw di ranau, oku selatan, di kampung sukamarga, mumpung masih hidup, sebab tinggal sedikit pendekarnya..

    1. pandji Avatar
      pandji

      sape namenye ?? nengku juge di ranau.

  39. pandji Avatar
    pandji

    ndukk…ndukk…ndukk… au di gunung raye tu nah ade masih megang kuntau , tapi lah tue , kesanelah kaba die tu tokoh masyarakat sanee.
    keturunan puyang mas penghulu , LURUSSS !

  40. Rezky semende Avatar
    Rezky semende

    Menurut saya, kuntau itu adalah seni beladiri dari suku semende (semendo-jeme kite) ,
    kuntau itu bukan untuk menjatuhkan lawan, melainkan untuk MEMBUNUH lawan,. Jadi KUNTAU itu seni beladiri dari SUKU SEMENDE DI DAERAH PALEMBANG,..
    BUKAN DARI DAERAH YANG LAEN,.
    KUNTAU BANYAK JURUSNYA,. TANGAN KOSONG,
    DAN TARI PISAU DUE, TARI CABANG, TEMBUNG, DLL.
    JADI KUNTAU TU DARI SEMENDE,
    CUCUNG PUYANG SERUNTING SAKTI

  41. andiwinariga. Avatar

    ass.salam pendekar.
    sy dri perguruan silat raja kunto.
    sy tggl di aceh tengah.
    mf bkn mksd merendhkn.setau sy ajrn silat kunto brsl dri seorg syekh yg bergelar SULTHON KUTUBI.raja kunto/silat kunto adlh induk dr smua aliran bela diri.salam damai.

    1.  Avatar
      Anonim

      Kuntao tu asli dai ogan aiii kabah tini pacak pedie lahh,,nak beradu pedang due ape gak aku???

  42. Rezky semende Avatar
    Rezky semende

    Terserah anda semua,.
    Tetapi kuntau itu dari semende,.
    Aq sebagai jeme semende asli ingin ngelestarikanye,,,
    sya juga skarang blajar kuntau.
    Makai sunngutan… Setue kumbang

    1. pratama Avatar
      pratama

      men sunggutan laen ceritenye . itutu bukan kabah berarti yang begerak . tapi sunggutan kapooh.

  43. ervan saputra Avatar
    ervan saputra

    jika anda ingin mengetahui kuntau datang lah k tempat sya karna sya salah satu murid yang belajar kuntau. .
    Pulaupanggung , tanggamus lampung indonesia

  44. mas tyas Avatar

    Para pemerhati, pecinta dan pendekar- pendekar semuanya yang telah berkunjung di blog ini.. makasih banyak.. yuk semangat.. lestarikan silat kuntao di daerah masing- masing.. Salam Silat. 🙂

    1. singe Avatar
      singe

      aku asal kayu agung ingin belajar kuntau , apakah kawan kawan semua punya info alamatnya di wilayah Bekasi

  45. pandji Avatar
    pandji

    oiyo sahabat aku nak nanyo setau aku di silat kuntau bukan !@ jurus seperti yang dituturkan , tetapi hanya 5 jurus dan latihan pun cuma sebulan tapi siang malam 😀 hehee ..
    maaf kalo salah , ditunggu jkomennya

  46.  Avatar
    Anonim

    kuntao tdk smbrngn d prlhtkan, apa gy klau d bilng kuntao murni, maaf bknny sy mnyombonkan dri sya mhn aaf sblmny, sy mmplajari kuntao aliran buton pai dri selatan dan aliran shaolin ri utra trdpt bnyk jrus hny sja sdkit prbdaan inti sarinya, mhn maaf sblmny

  47. Rikko Avatar
    Rikko

    Asalamualaikum
    saya dari tanah tumbuh kab, bungo prop jambi.
    LAin LUBUK LAIN IKAN
    LAIN PADANG LAIN BELALANG,
    wajar kalau stiap kita memiliki cerita yg tak sama,
    disini saya ceritakan tentang KUNTAU didaerah saya,
    KUNTAU ini adlh puncak ilmu silek/silat
    untuk mempelajari KUNTAU tidahlah gampang, bahkan harus masak/penguasai ilmu silek yg lain seperti:
    Silek tuo, silek harimau, silek elang, dan juga Silek sinding (sinding ini pun banyak macamnya) dan banyak ilmu silek yg lain lagi yg harus dikuasai,
    sesudah menguasai smua ilmu silek itu barulah ia bisa mempelajari ilmu tertinggi ialah KUNTAU.
    Jadi tidak ada perguruan KUNTAU yg ada satu guru, satu dua atau tiga murid.
    Dan yg belajar kuntau ini ya otomatis sudah luman umurnya sebab harus menguasai ilmu silet yg lain, satu ilmu silek saja tidak semua orang mampu apalagi semua ilmu silek dan apalagi yg namanya KUNTAU.
    Yg jelas KUNTAU ini masih ada didaerah sya tapi anda tak akan pernah tau siapa yg peKUNTAU ini dan dmna tmpat latihannya.

  48. dody boy Avatar
    dody boy

    Salam kenal… Mungkin ini agak terlambat mas saya hanya beri tambahan satu kl untuk kuntau itu nggak sembarangan mas… Saya belajar silat kuntau ini sudah dari kecil umur 6 thn silat ini sepengalaman saya penuh unsur magis mas. Silat kuntau ada 12 tari + 3 tari. Lagi. Tari pedang , tari cabang, pisau kembar dan tongkat. Waktu mutus silat (tamat) silat itu sabungnya di atas perahu atau sampan mas…. Kl mas mau cari guru itu di desa bukbuk komring bantan…. Mas siap kan aja metal dan fisik mas…… Kl mau belajar kuntau

  49. Rei ivanka Avatar
    Rei ivanka

    Kuntao itu jurus mematikan.
    Bukan lagi bela diri.
    Dilestarikan gak apa.tapi dipakai bahaya.
    Almarhum kakek saya sampai kepada anak2nya.semua bisa kuntao.
    Hanya cucunya yang tidak.karna pengalaman ayah kandung & uak saya yg masuk bui akibat kuntao itu.
    2 orang suku bali mati oleh ayah saya karna perkelahian dgn kuntao di daerah berhen,lampung.akibatnya rumah dan tanah disita orang bali.saya sendiri suku ogan murni.
    Sepupu saya 2 kali masuk bui hanya karna menampar tau2 mati yg ditamparnya.telapak tangan kanan nya tidak bersilang garisnya jadi hurup M.Tapi hanya berupa garis lurus.menurut kami orang ogan.Tapak Sial.memang sial 2 x bui.rumah orangtuanya diambil keluarga korban untuk tebusan pertama.yang kedua x nya tidak ditebus.biar kapok.

    Kuntao Bukan milik semendo,aceh,atau suku apa.kuntao ya kuntao…
    Mau tari pedang dua seperti warga pagarruyung..tetap aja kuntao milik indonesia.no suku A atau suku B.

    Saat saya SMA.kawan saya bernama rizal efendi suku semendo.kakeknya memiliki kemampuan kuntao bersilat diatas jajaran gelas berisi air tanpa tumpah.Sedangkan kakek saya almarhum dia bisa bersilat diatas bambu runcing.tanpa terluka.
    Meringankan tubuh sama dgn kakek kawanku itu.Saat di riau malah ada orang bersilat diatas koran yg digotong kawan nya tidak robek dari perguruan kera sakti.Ada juga abah yuti ditempatku.dapat memukul rontok tulang orang dgn gerakan halus menampar bukan tinju.
    Tapi kok zaman sekarang jarang yang bisa gitu?
    Karna kurangnya perduli kita pada warisan bangsa juga orang2 yang ahli tersebut lebih suka ilmunya tidak diturunkan dibawa mati.khawatir salah langkah mengambil murid.saya sendiri menjadi murid pencak silat paku banten bukan kuntao keluarga saya.karna sekarang dikeluarga saya,kuntao itu terlarang.
    Salam Kuntao Sob

  50. Ardi neutron Avatar
    Ardi neutron

    Saya jga ingin mempelajri sni bla diri kuntau,karna sya asli suku semendo.dan keluarga sya tdk mau megajarinya

  51. Agus Avatar
    Agus

    Bagai mana cara nya biar mentaL kt bs menjadi kuat. Trim’s

  52.  Avatar
    Anonim

    Salam kuntao ajah buat smua,,mf saya tdk komentar apa tntang kuntao,,,lowx mau sparing dgn hormat kami tunggu,,anggap aja tukar pendapat,,tanpa ada unsur apapun,,,,,”SALAM KUNTAO AJA YA” buat smuax

  53. anonymous Avatar
    anonymous

    Di ogan komring ulu mash di lestarikan cuman latihan nya di dalam hutan dan pada malam hari.

  54.  Avatar
    Anonim

    dari kecil pgn belajar kuntau,,tpi emang di baturaja seperti nya terlarang/tidak sembarang orang,,karna kebanyakan belum apa2 uda mau jd jagoan(jaman dulu),,,yg setengah jadi ini lah yg bahaya karna menurut paman2 ku kuntau emang dasyat/mematikan,kalo yg bener2 jadi malah semakin merunduk,,.

  55. beospons Avatar
    beospons

    Kalau kalian mau belajar kuntau,. Datang saja ke LINTANG EMPAT LAWANG sumatera selatan.. disana masih lestari.. hampir setiap laki2 disana menguasai kuntau..

  56. hEndro Avatar

    Q pernah bellajar kuntau di sumsel kab pat lawang

  57. hEndro Avatar

    Kuntau adalaah silat gung yg berpusat pada gunung dempo di pagar alam gunung merapi di jawa tengah selain belajar pencaknya kita juga mendapt kan guru halus dari gunung dgn saat kita terdesak kita bisa kesurupan (kemasukan guru) seperti itu lah kuntau yg sya pelajari…….

  58.  Avatar
    Anonim

    Sedikit info.
    D pulau sumatra tepatnya d kec keritang. Masih ad perguruan kuntau bnjar asli. Tpi ad juga yg d cmpur dngan sendeng, pengeyan, dan cimande.
    Stau sya blajar kuntau ini guru nya hnya sdikit mmbrikn materi2 atau tekhnik2. Tnggl murid na sja yg mgembngkn na.dkat ap gk na dngan guru na.
    Gerakan na mnuruti gerakn harimau.. Lngkah2 na mulai dari 1 smpai 12. Ttapi perguruan ini d sni sudah tertutup. Krna pda zman dhulu d sne prnah d adakan prcoba.n. Kuntau bisa melawan 30 prguruan d sne. Kbetulan orang na guru saya.

  59. Jaka Avatar
    Jaka

    Sedikit info.
    D pulau sumatra tepatnya d kec keritang. Masih ad perguruan kuntau bnjar asli. Tpi ad juga yg d cmpur dngan sendeng, pengeyan, dan cimande.
    Stau sya blajar kuntau ini guru nya hnya sdikit mmbrikn materi2 atau tekhnik2. Tnggl murid na sja yg mgembngkn na.dkat ap gk na dngan guru na.
    Gerakan na mnuruti gerakn harimau.. Lngkah2 na mulai dari 1 smpai 12. Ttapi perguruan ini d sni sudah tertutup. Krna pda zman dhulu d sne prnah d adakan prcoba.n. Kuntau bisa melawan 30 prguruan d sne. Kbetulan orang na guru saya.

  60. Bonek Yusika Avatar

    Salam kenal mas bro semua. Benar kata teman-teman semua, Kuntau/kuntao secara gerakan memang tidak sama antara daerah satu dengan yang lain dan hampir tidak mirip dengan pencak silat, namun lebih mirip kepada beladiri cina,tp menurut saya perbedaan bukan menjadi masalah,asal masih satu aliran kuntau/kuntao kita tetap sama,jd marilah kita menggalang persatuan.agar beladiri kuntau/kuntao ini tetap ada..

  61.  Avatar
    Anonim

    Kuntao tu asli dai ogan aiii kabah tini pacak pedie lahh,,nak beradu pedang due ape gak aku???

  62.  Avatar
    Anonim

    Kapan kita bisa separing..saling tukar fikiran mas, Saya dari lampung tengah, mas dari mana. .??

  63. bungceper Avatar

    aku ni jeme semende, uwak an ku guru kuntau, di dusunku ame nak belajar kuntau dek pacak sembarangan, belajar nye di kebun ame dikde di hutan, dek pacak kinak jeme ame pas latihan, ame nekat au pacak jagalnye guk jeme ye kemasukan, mpuk besimbun dapat lah titu.. latihanye gi 40 ahi, nah malam ke 40 titu malam pengataman, au kite di tes guk guru suhang2, macam2 penginaan kite pas pengataman, pacak teampun-ampun kite..

    nah setau ku, kuntau jeme semende nak perguruan kuntao cine beda..

    1. gunawan Avatar
      gunawan

      salam kanten labayak aku bace komentar kamu tentang silek kuntau sebener nye kuntau thu siape saje pacak nak melajaui kuntau thu..
      sanggkan di umung k nak ade keturunan thu lek keruan mental nye kuat me asak jeme takut y kalu dide tbwe ilmu pacak gile
      nak penjelasan libih lanjut datang ke kabupaten lahat
      di kecamatan pagar gunung

  64. Arif tirtana Avatar
    Arif tirtana

    Kuntao tetap kuntao, kuntao tetap milik indonesia.
    Beladiri bisa dikatakan hebat tergantung sipemakainya mengaplikasikan gerakannya, kita tidak bisa bergantung dengan beladirinya tapi kita bisa bergantung dengan kemampuan kita. Kita jangan merasa hebat dengan apa yg kita miliki sekarang, karena semua beladiri itu baik dan bertujuan untuk MEMBELA DIRI dan bukan untuk menjadi pendekar atau raja.
    Saya belajar Beladiri Wushu sedangkan Kakek saya seorang praktisi KunTao kalimantan selatan , tepatnya di Barabai, suatu saat saya juga akan mempelajari beladiri Kuntao dari Kakek saya dan menyebarkannya agar mempermudah orang lain untuk belajar.
    Salam dari saya (ARIF TIRTANA, Banjarmasin)

  65. KertaningTyas Avatar

    Arif Tirtana dkk pesilat lainnya … kunto.. kuntao.. kuntaw… atau sebutan yg lain… rasanya ada dimana mana.. saya menjumpainya di Sumatera dan Kalimantan .. adalah silat yang hebat.. warisan budaya bangsa.. mari kita lestarikan… salam silat.!!

  66. Aang Mahkota Avatar

    Assallamualaikum salam kenalbuat mas tiyas dan para dulur penyimpan ilmu kuntau.. Sya asli anak Besema air keruh tingal di lmpung selatan saya perna belajar ilmu bela diri silek/kuntau aliran JENUK (serunting sakti) dari BESEMA AIR KERUH sedikit yg saya tahu, yg dhulu ny adalah ilmu gerak rasa serunting sakti (bpk ny si pahit lidah) sya bljr swaktu masih SMA, mungkin yg di blok ini ada yg perna mendengar nama2 guru saya
    -Mang suci.
    -Nek Tahar.
    -Mang Samsuri
    Beliu toko2 kuntau yg sudah tidak aktif (tidk mengajar kuntau lagi)
    kuntau JENUK yg di dalam nya menggusung kekuatan ucap srunting sakti blajar ny pun jauh dari kmpung berbaeda dgn perguruan lain atau aliran moderen yg blajar di tempat terbuka, alasan ny mungkin yg blajar kuntau puntau alasan nya knpa, di dalam JENUK Srunting sakti mempunyai khodam penjaga ilmu JENUK srunting sakti,khodam ny pun punya nama masing2 gak smua murid bisa punya(dituruni/di tunggangi)khodam nya sndiri yg milih atau di berikan oleh guru sendiri. khodam pangeran ny pun datang disaat terdesak atau di pangil untuk menyatu tubuh pun bergerak sendiri dalam keadaan sadar, ada beberapa nama2 khodam nya,
    -pangeran- ******..
    -pngeran -******..
    -pangeran-*****..
    -panglima-*****..
    -panglima-*****..
    Jdi yg bajar tdk di turuni/tunggangan pendamping nya hanya blajar gerak senjata,sambut ,buang,makan dan tari. Tpi kalo di asah trus maneru luar biasa jga bsa pilih tanding,, yg saya sayang kn dari perguruan silek/kuntau yg asli dari sumsel ini gak ada organisasi kgiatan nya, stelah penamatan pergi merantau smua seakan hilang smua ikatan persodaraan persatuan kuntau/silek. Berbeda dgn pergurun lain dari yg sinior sampai junior ny slalu ada pertemuan tiap bulan atuw tahun untuk melatih dan mempertajam ilmu gerak rasa yg perna di plajari sperti perguruan.
    Satu Hati(SH),paku banten,lebah putih,cimande,merpati Putih(PM) DLL.

    saya hrp perguruan kuntau kita ini di lestarikan sperti perguruan lain yg mengedepan persatuan nya SASEGA (salam sedulu galo).
    Skian dan trima kasih untuk Mas Tyas klo boleh tau ap nama aliran Perguruan mas tyas sendiri..

  67. Libra karsa Avatar
    Libra karsa

    Konto diaceh hanya santri yang telah lama didayah yang telah menjadi teungku yang bisa konto, dan juga gayueung batee dan gayueung apui ini ilmu bela diri yang sangat mematikan di aceh hanya teungku2 dayah yang menguasai ilmu ini tidak diajarkan untuk sembarang orang, harus melalui zikir, seperti silat daboh ilmu kebal , kalau masih berstatus santri hanya belajar teknik silat saja

    1. Uma Na Avatar

      Tapi di luar sana (luar dayah) di kampung2 banyak tgk yg belajar kunto nya aceh

      1. Kertaning Tyas Avatar

        Kuntau Aceh.. Apa khasnya dibanding kuntau lainnya?

  68. ranau Avatar

    kuntao sudah jarang yang belajar, karena harus 3 bulan berturut-turut.
    sampai khatam/ tamatan, baru boleh pulang.di sukamarga ranau, kalau gak salah pangah andi nama pendekarnya

    1. Awan Avatar
      Awan

      Aku pengen blajar kuntau, aku dri tanjung batu, dimanolah tmpat latean kuntau pling dekat dr daerah ku. Tlong infonyo FB: indra_prakoso25@yahoo.com

  69. reky Avatar

    Da baa caro jurus silek harimau reky dari sicincin

  70. Yoga Kupang Anom Avatar
    Yoga Kupang Anom

    sebelumnye ading minta maaf ngah kakang” gegale.

    adeng pule belajae kuntau bukan kuntao bukan kunto bukan konto. tapi kuntau.

    ame kakang nak pacak tuape die kuntau datanglah ke dusun kecik kami di Tanah puyang (Semende Darat Laut/SDL. Semende Darat Ulu/SDU. Semende Darat Tengah/SDT).

    DI DUSUN KAMI INSYAALLAH ADE KUNTAU.

    1. Yoga Kupang Anom Avatar
      Yoga Kupang Anom

      Salam KUNTAU PISAU DUE

  71. abu anas Avatar

    assalamualaikum..kalo ditempat kami KUNTAU silat kalteng dinamakan SENDENG. terdiri dari 12 jurus ringkas yg sasaranx adalah daerah rawan pd tubuh.sehingga kalo tdk terpaksa dilarang digunakan.karena melumpuhkan dan mematikan.dan juga teknik kuntau SENDENG Kalteng ini di rahasiakan.latihan ditempat tertutup di malam hari.SENDENG ini kuntau silat asli kalteng tanpa senjata tajam.dengan sumpah musuh tidak dicari dan haram melangkah mundur.sekian infoc..wassalam.

  72. perariko@gmail.comp Avatar

    kuntau adalah ilmu seni bela diri sumsel
    termasuk daerah saya pendopo lintang. .setahu saya kuntau itu termasuk warisan dari 9 wali sumatera, ,salah satunya puyang serunting sakti atau lebih di kenal dgn sebutan si pahit lidah. .

  73.  Avatar
    Anonim

    Hehehe…..

  74. Buway Runjung Avatar

    Mau belajar kuntaw, keluarga saya ada yang menguasai syaratnya cukup menyiapkan jarum 5 buah, pisau baru belum pernah diasah, kain putih, ayam jago putih, emas seliput tubuh. Salam kemuakhian anjak sikam.

  75.  Avatar
    Anonim

    pada zaman krajan sriwijaya lh skolh kuntao prtama kli d dirikn banyk masyarakt dri daerh skitar blajr jdi trsebar d sluruh plosok wilayh krajan sri wijaya.

  76.  Avatar
    Anonim

    kuntauuuu hehehe

  77. ROESMAM Avatar
    ROESMAM

    Sekedar info,kuntau itu bukan cuma milik semendo aja,di kampung saya waykanan lampung,ada namanya kuntau stukal/pincak stukal

  78. Heru Avatar
    Heru

    Setau aku yang name nye kuntau cuman sambut buang bae , pemakan nye dikit ,,,

  79.  Avatar
    Anonim

    Kalau ujaan tampas ado dak

  80.  Avatar
    Anonim

    Cari saudara kuntau asal palembang tugu mulyo tanjung sari rt 4; 085709606653

  81. M.Rusdiansyah Avatar
    M.Rusdiansyah

    Silat kuntau adalah milik orang melayu di pulau bornei/kalimantan dan sumatra .serta negara tetangga kita karena mereka ini satu dato moyang.salam kuntau dari melayu banjar kalimantan selatan

    1. Kertaning Tyas Avatar

      Salam kuntau..! Lestari budaya luhur bangsa!

  82.  Avatar
    Anonim

    Salam kuntau dari sumata selatan.

  83.  Avatar
    Anonim

    Salam kuntau dari palebag kabupaten lintang,,

  84. andri Avatar
    andri

    Legenda Kungtau Alm. Gouw Ok Tjui alias Enggiok 1 Jurus 1 Tahun, Kuntau ada 12 Jurus.

    1. Kertaning Tyas Avatar

      Seperti nama Cina. Apakah memang berasal dari Cina?

  85.  Avatar
    Anonim

    Kuntau t njadi semende, ak keturunan padang guci nga semende, ame ndak ncube2 slangkah due langkah temui ak di bengkulu

    1. serunting sakti Avatar
      serunting sakti

      Jeme semende nian kb ..sangkah melawan menae ..salam q jeme semende lembak

      1. Edi Avatar
        Edi

        Au ak jme smnde daghat kab.m.enim, dusun gunung agung, slam kmbali

  86. Anto Avatar
    Anto

    Kuntau silat yang tidak sombong. Hidup kuntau

    1. Kertaning Tyas Avatar

      Jayalah kuntau. Salam silat Nusantara!

  87. Hendra Gunawan MKR Avatar

    Di Kutai juga namanya Kuntau,atau disebut Kuntau Kutai

    1. Kertaning Tyas Avatar

      Kutai Kartanegara? Kuntau ada di Sumatera dan Kalimantan👍🏿

  88.  Avatar
    Anonim

    ﺍﻟﺴَّﻼَﻡُ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ …
    salam para pendekar, kuntau adalah dasar beladiri dengan gerakan sederhana yang tidak membutuhkan tempat atau ruang yang lapang, namun tidak muda mempelajari nya, dibanding dengan silat” yang lain. kuntau hanya prasarana pembelahan diri dari ancaman tindak kejahatan, bukan untuk ujuk kebolehan. makanya para guru kuntau tidak sembarang ajar, Kuntau memang di sayang kan suda hampir Hilang di bawa sang guru di per istirahatan, namun di mana ada air di situ ada ikan. kuntau bukan milik siapa dan darimana berasal namun dia lahir dari seseorang yang tidak ingin di tindas, bukan milik mu bukan milik ku atau milik siapa pun tapi milik semua yang ingin nem pelajari nya untuk kebaikan. salam sedolor Saiful Anwar Dari Tanjung raja

  89. muhammad fitri Avatar
    muhammad fitri

    salam kenal ku murid perguruan di apat pdalaman klteng

  90. muhammad fitri Avatar
    muhammad fitri

    ku mau cari perguruan di bjm , aliranku bangkui 085349495332 mohon infox

  91. serunting sakti Avatar
    serunting sakti

    JANGAN DI ANGGAP SERIUSZ ,INI CUMAN CERITA BOHONG DARI SAYA TAPI EMANG FAKTANYA BEGITU
    SAYA DARI SUKU SEMENDE PALEMBANG ..MAAF klo kuntau keluarga kami beda sama kuntau kalian maupun beda sama kuntau suku semde lain nya
    INI CERITA SAYA DAPAT DARI KRLUARGA
    YANG KUNTAU KAMI BERSIPAT TURUN TEMURUN

    kuntau kami itu adalah paduan teknik beladiri ,tenaga dalam dan tunggangan
    (cmn kami yg bs mnengerti apa itu tunggangan wkwkwkwk)
    teknik bisa sja dplajari
    tp tahap berikut nya bukan sembarang orang bisa melakukan nya lo
    kalau kuntau asal keluarga kami
    Dg mengedipkan mata saja lawan bisa jatuh wkwkwk
    Tapi yang jadi masalah dalam keluarga cuman satu orabg yang bisa mempelajari
    Soalnya (tunggangan) memilih sendiri calon pewarisnya

  92. ibut Avatar
    ibut

    salam kuntau. aku jeme semende asli. aku pernah belajgh kuntau anye dek tamat. name perguruan kami sumur tinggi. name guru kami pendekar bardi. badah kami latihan di dusun sekipi lampung utara. ame nak nak ngadu ngah aku khusus yg tangan kosong. karena aku lum sampai belajar pisau due…sekali lagi salam kuntau

  93. Edi Avatar
    Edi

    Ame kate puyang takut jgn belaghi mlwan jgn nggaggi jd kuntau brsifat nunggu, lngkah pun ye di gunekah d dlm kuntau ade bbrape misl nye lngkah tige, lngkh empat, titi btang, jd ame lah pcak kuntau gune kalah ame lah tedesak tkedan bingung ame kte puyang ku jd pdng guci ame kte puyng jd smnde ame lah ttekut tkedan pisit, jd brangke klah pedang sbrangi jlan k ayik, kah ndik ape nckagh musuh, slam kuntau smende

    1. Edi Avatar
      Edi

      Siangi bukan sbrangi, hhhhh

  94. putra Avatar
    putra

    salam kuntau. Saya belum tau banyak tntang kuntau,dan saya bru blajar 2 hri ikut ajaran kuntau dri guru pesantren. Saya ingin memperdalam ilmu bela diri ini dan ingin melestarikannya.
    Apa saja mengenai beladiri kuntau ? Bagaimana mengenai ilmu kuntau?

    Kabupaten banyuasin 3 “sumsel”

  95. pendekar mude Avatar
    pendekar mude

    Asalamualaikum maaf sebelum nye pade puyang pendahulu ..aku pendekar kuntau asal mutar alam way tenong..pendekar ulu balang mutar alam..maaf sebelum nye bukan mau nyombong..tapi kalu ndak pacak sejarah kuntau datang saje ke dusun mutar alam wasalam
    Salam dari pendekar mutar alam

  96. perguruan kayu kunduw Avatar
    perguruan kayu kunduw

    Ayo sini yg mau belajar dateng aja ke mutar alam kec.waytenong kab.lampung barat prov.lampung.

    1. Cucung puyang agub Avatar
      Cucung puyang agub

      Salam dari cucung puyang,,,salam gak guru besar kayu kundow
      Salam sehat selalu

  97.  Avatar
    Anonim

    Walaikumslm, kbile kinah kami kah midang ke daerah way tenong, nak nginak pendekar mutar alam t makmne nian

  98.  Avatar
    Anonim

    salam kuntau siape yg merase murid guru mad radi komen ..

  99. pendekar mude Avatar
    pendekar mude

    Jadi kang, kah ditunggu kedatangannye..Kami pendekar mutar alam kah nyambut kedatangannye

Tinggalkan komentar