Tunjung Tutur

Buka Puasa Bersama di Kampung Kusta | 29 Juli 2014

Oleh: Yatno
LCC UISuasana petang yang menyenangkan, tiba waktunya kami mengadakan buka bersama (bukber). Ada kawan-kawan Leprosy Care Community (LCC) UI yang tentu ini tentu istimewa bagi kami warga “kampung kusta,” dapat berkegiatan bersama kawan-kawan mahasiswa dari Universitas Indonesia.
Senangnya bergabung dengan teman teman LCC UI. Awalnya kupikir kedatangan meraka tidak lebih dari sekadar tugas kampus, namun ternyata mereka melakukan tugas yang mulia. Mereka melakukan aktivitas sosialisasi kepada masyarakat untuk memerangi di kriminasi terhadap penderita kusta.

Ya, dusun kami, Sumberglagah terkenal sebagai tempat penampungan penderita kusta sejak tahun 1970-an. Dusun Sumberglagah nerupakan wilayah Desa Kenongo Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto- Jawa Timur. Berjumlah penduduk sekitar 600 jiwa. Mereka adalah para mantan penderita kusta dan keluarganya.

Ini adalah tahun ke dua kawan kawan LCC UI datang ke kampung kami setelah tahun sebelumnya mereka pernah melakukan aktivitas yang sama. Bedanya saat ini saya lebih aktif berkegiatan bersama mereka dibanding tahun sebelumnya. Karena terkait amanah yang saya emban. Tahun ini sebuah organisasi sosial bernama Perkumpulan Lingkar Sosial atau Linksos menunjuk saya sebagai koordinator program Sahabat Kusta, mengawali kegiatan pendampingan masyarakat di Dusun Sumberglagah.

Sahabat Kusta terdiri dari orang- orang yang menaruh kepedulian terhadap penderita kusta dan mantan penderita kusta. Merupakan komunitas pendukung Perkumpulan Lingkar Sosial, organisasi yg fokus terhadap upaya penguatan dan pemberdayaan masyarakat dalam mengakses hak -hak sosial dan lingkungan hidup.

Bersama kawan- kawan LCC UI kami banyak berbagi pengalaman serta diskusi membahas dampak sosial yang di sebabkan oleh penyakit kusta.


Ditulis dalam Cerita Ringan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: