Tunjung Tutur

Teori Relaksasi | 24 Juli 2009

Baca Artikel Sebelumnya: Tehnik Relaksasi Untuk Kesehatan
Berikut adalah teori/tehnik relaksasi:

  • Tidur telantang, rilekskan badan, fikiran dan segenap rasa kita, jangan fikirkan apapun kecuali mengumpulkan kesadaran bahwa anda akan melakukan relaksasi.
  • Posisi tangan rileks disamping badan, satukan/ tempelkan ujung jari tengah dan ujung jempol, masing- masing kiri dan kanan, dengan rileks pula. Hal ini setidaknya akan berfungsi sebagai kontrol, apakah anda masih melakukan relaksasi atau malah tertidur.. Jika tertidur maka kedua ujung jari itu tak lagi menyatu/ terlepas.
  • Pejamkan mata, dan pusatkan rasa/ konsentasi pada satu titik diantara dua mata atau pangkal hidung (lain dengan ujung hidung). Ini disebut sebagai konsentasi pada cakra cipta, yaitu titik tengah pertemuan antara hidung dan dua mata, dalam bahasa Indie disebut sebagai ajna.
  • Berdoa, dengan lafadz Bismillah atau doa lain sesuai dengan keyakinan. Mohon kesehatan, keselamatan dan ketentraman hidup.
  • Bernafaslah dengan rileks, dan tetap mengupayakan pemusatan rasa/ fikiran pada cakra cipta.
  • Proses alam pun akan berjalan, bio energi akan bekerja menetralisir segala bentuk gangguan fisik dan psikis. Bio energi merupakan energi bawaan manusia sejak lahir sebagai anugerah Allah untuk kepentingan hidup manusia. Bio energi ini akan lebih bermanfaat apabila kita mampu memahami dan mengelolanya.
  • Tehnik ini sangat berfungsi untuk memulihkan kondisi kesehatan dan mendukung proses metabolis: aliran darah, pencernaan dan reproduksi serta mampu menetralisir stress.
  • Relaksasi dapat dilatih setiap hari, setidaknya lima menit setiap latihan.

Selamat berlatih: Sehat dan Sukses Selalu!🙂


9 Komentar »

  1. wow, nice info..
    dengan begitu kita bisa lebih rileks dalam hidup..
    salam kenal

    Komentar oleh fadillahcinta — 24 Juli 2009 @ 06:00

    • Trims, salam kenal kembali🙂

      Komentar oleh Mas Tyas — 24 Juli 2009 @ 06:11

  2. Makash byk tipsnya jrng lho yg ngash trik kaya begini apalagi trik itu datangnya dari ayah sndiri,blh di prakteking gga kalo melem menjean tidur

    Komentar oleh Mr.o2n — 24 Juli 2009 @ 10:33

    • Sangat bagus mas.. Bahkan kalo sampai ketiduran pun tidak masalah, tidak ada efek samping. Namun sebaiknya tetap dibedakan antara tidur dan relaksasi.. hal ini sebagai upaya untuk melatih kesadaran.

      Komentar oleh Mas Tyas — 24 Juli 2009 @ 10:53

  3. Matur nuwun pak.

    Komentar oleh Lare alit — 2 Juni 2011 @ 13:53

  4. Ehms,,,,dahsyat & luar biasa
    artikel yang berguna sekali
    txs

    Komentar oleh meicho pratama admadjaya — 1 September 2011 @ 06:31

  5. Tehnik ini dapat dikembangkan untuk mendekatkan perasaan orang lain: ….antara hidung dan dua mata, dalam bahasa Indie disebut sebagai ajna.
    Berdoa, dengan lafadz Bismillah atau doa lain sesuai dengan keyakinan. Mohon kesehatan, keselamatan dan ketentraman hidup. Bernafaslah dengan rileks, dan tetap mengupayakan pemusatan rasa/ fikiran pada cakra cipta. Visualkan wajah seseorang yang menjadi target. Visualkan dan tarik nafas pelan.. Tarik “seseorang” itu ke dalam alam fikiran dan perasaan anda. Tarik nafas lagi.. Pelan.. Dan terus tarik target dalam alam fikiran dan perasaan anda. Dan STOP! Jangan berlarut- larut.. Cukup 5 kali tarikan nafas dan jangan lebih dari itu, akan rentan dengan Halusinasi..
    Proses alam pun akan berjalan, bio energi akan bekerja menetralisir segala bentuk gangguan fisik dan psikis, serta membentuk PROGRAM FIKIRAN terhadap apa yang anda niatkan.
    Bio energi merupakan energi bawaan manusia sejak lahir sebagai anugerah Allah untuk kepentingan hidup manusia. Bio energi ini akan lebih bermanfaat apabila kita mampu memahami dan mengelolanya.

    Komentar oleh Kertaning Tyas — 3 November 2011 @ 13:30


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: