Tunjung Tutur

Konfirmasi bagi Tuhan Yang Maha Tahu | 3 Juni 2009

Kita tentu meyakini bahwa Tuhan adalah Maha Tahu. Namun apakah kita menyadari bahwa hubungan dengan Yang Maha Tinggi itu tetap memerlukan suatu konfirmasi?

Tuhan merupakan suatu Dzat yang diyakini sebagai Sesuatu Yang Maha Tahu dan menguasai segala bentuk pengetahuan, Ia mengetahui kapan kita mati bahkan berapa banyak jumlah sel dalam tubuh kita. Namun sadarkah kita bagaimana Ia Yang Maha Menguasai memutuskan kepentingan hidup kita?

Terdapat konteks yang boleh kita renungkan, yaitu kaitan Ketentuan Ilahi (garis) dan keinginan manusia yang kemudian dikabulkan oleh- Nya (ginaris). Atau garis ginaris, ketentuan dan kehendak- Nya. Ketentuan adalah aksi berasal dari subyek yang berkuasa (Tuhan) dan kehendak merupakan reaksi subyek atas aksi dari obyek yang menjalani ketentuan (manusia). Maka atas dasar konfirmasi yang kita berikan berupa fikiran dan perilaku kita Tuhan pun berkehendak untuk memutuskan sesuatu untuk hidup kita, artinya Ia sungguh Maha Adil dan tidak semena- mena sekalipun Ia Maha Menguasai. Bentuk konfirmasi manusia kepada Tuhan adalah melalui doa, bahkan fikiran, ucapan serta tindakan kita.

Keputusan Tuhan bagi masa depan manusia adalah diciptakannya seluruh manusia untuk menjadi Khalifah di muka bumi. Maka sesungguhnya setiap jiwa memiliki derajat yang mulia, yaitu memelihara Alam Semesta. Namun jika pada saat ini kita mengambil sebuah kursi dan seutas tali untuk diikatkan pada plafon rumah dan dikaitkan pada leher kita lalu kita melompat dari kursi itu..
Kekhalifahan manusia pada saat itu berakhir sebagai suatu kondisi hidup yang tak lagi mulia. Maka demikianlah bentuk konfirmasi kita kepada Tuhan untuk mengakhiri hidup kita sebagai orang sesat, bukan sebagai Khalifah.

Demikianlah bahwa perilaku hidup kita, bahkan fikiran dan ucapan yang tidak kita sadari, sangat berpengaruh pada kondisi hidup kita, karena itulah bentuk- bentuk konfirmasi yang kita berikan kepada Nya.

Bagaimana pendapat anda kawan?


1 Komentar »

  1. Karena Tuhan adalah apa yang kita pikirkan tentangnya,…betul? Hehe
    [He.. he.. Juga, thanks ya, wis mampir🙂 ]

    Komentar oleh powerrangga — 14 Juni 2009 @ 14:06


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: