Home

Ini adalah warisan leluhur, luka kecil/ luka ringan biasanya akan segera sembuh/ kering dalam jangka waktu 3 hari. akan segera Dianjurkan, dirumah kita menyediakan obat- obat untuk P3K, sebab sewaktu- waktu terjadi kecelakaan kecil di rumah bisa langsung diatasi agar tidak sampai berakibat fatal. Utamanya anak- anak dalam sehari-harinya lebih sering mengalami kecelakaan kecil, biasanya terjatuh atau mengalami luka- luka kecil.

Demikian pula ibu- ibu, pembantu rumah tangga ataupun mungkin cewek- cewek yang hobbi masak tentunya sangat akrab dengan pisau dapur dan tentunya sesekali pasti pernah terjadi ‘kecelakaan kecil’ di dapur.

Namun terkadang kecelakaan kecil yang terjadi itu memerlukan pula ‘ operasi kecil- kecilan’ kalo misalnya ternyata luka itu perlu dijahit. Waduh.. hal ini tentu berpengaruh pada aktivitas yang lain jika luka nggak sembuh- sembuh. Ngurus anak, kerja ataupun mungkin sekolah kita akan terganggu.

Namun tenang saja, ini ada rumus praktis dari leluhur . Luka yang semestinya 3 hari baru kering insya Allah dapat diatasi dalam hitungan jam, bahkan menit untuk luka- luka ringan.

Cukup dengan tanaman ini:

Namanya tanaman yodium.

Nama latinnya saya belum tahu (ada yang bisa bantu cari tahu?)

Namun nggak masalah, tips ini tetaplah aman dan praktis. Teteskan getah tanaman ini pada luka setelah luka itu dibersihkan. Gitu aja! Mudah bukan?

Namun utk mendukung proses kesembuhan ada baiknya luka kemudian diperban atau diplaster, cuman tak lagi memerlukan betadin atau obat luka lainnya. Penerapan ini sama sekali tidak menimbulkan efek samping, terkecuali hanya ‘sedikit’ rasa perih demi cepatnya proses kesembuhan.

Maka budidayakan tanaman ini dirumah anda disamping tetap disiapkan pula material P3K.
:)

About these ads

21 gagasan untuk “Cara Cepat Sembuhkan Luka

    • Kasus diatas bukan lagi dalam kategory P3K, namun sudah perlu penanganan medis. Namun apabila mengalami luka bakar ringan dapat ditempuh tips ini:
      siram luka bakar dengan air biasa yang mengalir, misal dengan diguyur, jangan menggunakan air es apalagi air panas, karena tentunya akan memperburuk keadaan.Balur luka dengan “enjet”. Enjet merupakan endapan kapur gamping yang telah direndam selama beberapa hari.

  1. Waduh, dimana tuh cari pohon yodium, kayaknya nama itu belum dikenal dikampung saya. Mungkin ada, tapi dikasih nama lain sama orang kampung.
    Contohnya kue Nogosari, dikampung saya namanya brubi. Trus rengginang, dikampungku namanya krecek.

    Entar tak cari tahu dikampung mas, mungkin namanya bukan yodium, tapi you Ngatemi.

    Salam yodium dari pakde di Surabaya.

    • Ya pak, terimakasih. Dan benar pak nama lain dari pohon yodium adalah ‘You-Ngatemi’, tapi nama ini belum lumrah alias tidak umum untuk digunakan di masyarakat. Apalagi jika orang asal dengar lantas menerapkan.. Nanti bisa- bisa malah berurusan sama bapaknya Yu Ngatemi yg bakul jamu itu… :D :D Saya tunggu infonya pak..

  2. Bismillah,
    Pak Pohon yodium sepertinya kok mirip dengan pohon kitolod ya.., apa saudaranya pohon kitolod??.daunnya sama2 gerigi & seeprtinya yg emmbedakan di bunganya.

    • Banyak hal di dunia ini yang serupa tapi tak sama, atau tak sama ujud namun serupa fungsinya.. sebagai wujud Kebesaran Ilahi.
      Terimakasih, salam silaturahmi!

  3. insyaAlloh yang saya tau nama ilmiah tanaman yodium Jatropha multifida

    Hai Ari, makasih infonya ya :) salam kenal

  4. cak tyas dimana alamat sampean atau no hp nya saya juga dari malang jatim.sekarang tinggal di palembang.biar nambah kenalan

    ok, alamat saya kirim via email.. MaturNuwun.

  5. Tips yang bermanfaat sekali Mas Tyas :). Mohon ijin berbagi informasi. Gamat / teripang juga sangat baik untuk penyembuhan luka, baik luka luar maupun dalam, seperti luka di lambung yang banyak dialami orang, dan lebih dikenal sebagai sakit maag. memang gamat / teripang berbau anyir, karena hal itu lah, banyak orang tidak mau mengkonsumsinya. Tapi sekarang di pasaran sudah ada teripang dalam bentuk ekstrak yang tidak berbau dan tidak berasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s